Persiapan Pelaksanaan Program KKK UNIS 2023, Panitia Siapkan Rancangan Pra Observasi

Persiapan Pelaksanaan Program KKK UNIS 2023, Panitia Siapkan Rancangan Pra Observasi


Jurnis.id- Pelaksanaan Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) Universitas Islam Syekh Yusuf 2023 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan termasuk sarana dan prasarana untuk mendukung acara KKK UNIS 2023 sudah disiapkan dengan matang oleh tim panitia. 

Rizal Fahmi, selaku Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) menjelaskan beberapa rancangan persiapan yang telah dilakukan agar program kerja KKK 2023 berlangsung dengan lancar. 

Jadi kita mempersiapkan pra observasi, observasi ini kita rancang untuk menentukan program kerja. Kita fokus pada empat sektor ada lingkungan, ekonomi, kesehatan, pendidikan. Dalam empat sektor ini kita harus melihat didalam observasi itu potensi apa nih yang ada di masyarakat, hal apa yang sudah terprogram nantinya kita berdayakan pemberdayaan yang ada disana atau menggali potensi yang ada disana,” ucap Rizal Fahmi saat ditemui ditempat, Rabu,(2/8).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan telah mempersiapkan instrumen observasi, instrumen observasi itu akan digunakan setiap kelompok untuk merancang proposal program kerjanya. Setelah itu, proposal program kerja akan di review oleh tim review. Hal tersebut bertujuan agar para mahasiswa yang terjun ke masyarakat lebih tau program yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Kuliah Kerja Kemasyarakatan UNIS 2023 akan dilaksanakan selama satu bulan. Pelepasan dimulai dari tanggal 8 Agustus 2023 bagi yang ditempatkan di wilayah Kota Tangerang dan tanggal 9 Agustus 2023 yang diwilayah Kabupaten Tangerang. Dengan total mahasiswa yang akan melakukan pengabdian masyarakat berjumlah 913 orang. Para mahasiswa akan dibagi menjadi 20 kelompok dan nantinya akan disebarkan di berbagai wilayah. 

Pelaksanaanya berada di 20 titik, ada di 20 kelurahan dan kecamatan di wilayah Kota Tangerang serta 20 titik Kecamatan maupun desa di Kabupaten Tangerang,” ucapnya

Selain itu, pihak kampus memberikan dana bantuan sebesar Rp. 5 juta per kelompok. Dana tersebut digunakan demi meringankan beban mahasiswa yang ikut serta dalam pengabdian masyarakat itu. 

Dana yang turun sebesar Rp. 5 juta, jadi Rp. 3 juta bantuan untuk tempat tinggal serta Rp. 2 jutanya bantuan untuk program kerja,” tuturnya 

Tahun ini KKK UNIS 2023 mengusung tema “Sinergritas Penguatan Keberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan (Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan) dan Pemutakhiran Data Kemiskinan.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan KKK UNIS 2023, Ayla mengaku untuk mengikuti kegiatan ini dengan lancar, dirinya telah mempersiapkan dana maupun menjaga kesehatan dengan maksimal.

Sudah dari jauh-jauh hari untuk persiapannya, seperti mempersiapkan budget untuk iuran kelompok, terus juga menjaga kesehatan, jangan sampai pas K3 sakit supaya bisa lebih berbaur dengan masyarakat dan teman-teman lainnya,” kata Ayla.

Penulis: Fahra
Redpel: Gizemli
Edit by: Iben
Penyunting: Ezram 

Komentar

Postingan Populer