Minim Pengalaman, Gen Z Kesulitan Menembus Pasar Kerja yang Kompetitif


Jurnis.id - Saat ini Generasi Z dikenal sebagai generasi yang sangat melek dengan teknologi, meskipun begitu mereka masih kesulitan menembus pasar kerja yang kompetitif dan dinamis yang menyebabkan kekhawatiran akan masa depan.

Beberapa lapangan pekerjaan mengharuskan selain mahir teknologi tetapi tetap mementingkan  keterampilan interpersonal, kebanyakan dari Generasi Z kurang menerapkan hal ini sehingga sulit bersaing dengan ketatnya persaingan industri.

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab yaitu ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki dengan permintaan pasar kerja, sehingga banyaknya lulusan perguruan tinggi yang terpaksa menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang studinya.

Kemudian terlalu banyaknya persyaratan keahilan yang tidak sesuai dengan kapasitas Gen Z serta tuntutan multitasking yang menyebabkan Gen Z kalah dalam persaingan industri.

Solusi yang dapat Gen Z lakukan agar tetap unggul memenangkan pasar bisa dengan menguatkan personal branding guna membuka peluang yang lebih luas, lalu fleksibilitas dalam mencari pekerjaan juga sangat di perlukan yaitu dengan melihat peluang yang ada disekitar terutama di era digital ini.


•••••
Penulis : Zahra
Redpel : Feari

Komentar

Postingan Populer