Ciptakan Era Damai, Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024

Ciptakan Era Damai, Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024
Jurnis.id - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga saat ini terhitung 87 hari mendatang. Balai Media Center (BMC) menggelar diskusi politik di Tangcity Mall Tangerang. 

Diskusi bertemakan “Tangerang Asik, Aman Sejuk Damai dan Kondusif” ini digelar untuk mengantisipasi beredarnya informasi hoax terkait Calon Legislatif (Caleg) pada pemilu 2024 serta mengajak para pemuda Indonesia untuk partisipasi pesta pora pemilu dalam 5 tahun sekali. 

Acara ini dihadiri oleh stakeholder kota Tangerang. Narasumber tersebut yaitu ada Ketua KPU kota Tangerang, Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Kapolrestro Tangerang Kota dan Kesbangpol Kota Tangerang.

Dalam diskusi tersebut, Ahmad Syailendra selaku ketua KPU Kota Tangerang memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menggunakan teknologi dengan bijak.

“ Saya menegaskan kawan-kawan agar bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Trenpemilu 2019, tiga bulan sebelum pemungutan suara informasi hoax terhadap politik kepemiluan itu sangat tinggi,” ujarnya (17/11) sore di Tangcity Mall. 

Selain itu, Desember yang mendatang KPU akan mengajak para pemuda untuk terlibat dalam rekrutmen. Sekitar 46 rb petugas KKPS yang tersebar di 5175 TPS, direkrut diakhir Desember dan diawal Januari.

Sebab, KPU telah menetapkan pendaftaraan caleg DPRD tetap sebanyak 677 caleg dari 17 partai politik di tingkat kota Tangerang dan telah diumumkan di beberapa media. 

“Kami sudah hubungkan di beberapa media cetak maupun radio pada 4 November 2023, kami sudah hubungkan di website KPU kota Tangerang nanti teman-teman bisa melihat terkait caleg khususnya dprd kota Tangerang,” katanya.

Adapun peran bawaslu ialah untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi mengganggu di pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Komarrrullah mengatakan kepada mahasiswa untuk melaporkan adanya kecurangan dalam pemilu 2024.

“Saya berharap dan menghimbau khususnya kepada mahasiswa dan mahasiswi yg hadir untuk melaporkan apabila dugaan pelanggaran (politik uang) dan berperan aktif dan menyusekseskan pemilu di 2024 nanti,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kapolrestro Tangerang Kota, Zain Dwi Nugroho menjelaskan sejak bulan Oktober lalu ia telah melakukan pengamanan terhadap tahapan pemilu yang akan datang. 

“Ada penyebaran berita hoax tentunya kami dari Polri telah menggelar operasi Mantap Brata 2023-2024 sejak 19 Oktober 2023 selama 122 hari kita akan melaksanakan pengamanan tahapan pemilu 2024 untun meciptakan Tangerang asik, aman, nyaman, dan kondusif,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) memastikan terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netralisasi pada pemilu 2024. 

“Pemkot Tangerang memastikan netralisasi ASN akan terus terjaga, jangan sampai justru kami terjebak karena ketidaktahuan yang menjadi masala,” ujar Kepala Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto.


••••••
Penulis : Iben
Redpel : Feari

Komentar

Postingan Populer