TIPS AMPUH MAHASISWA ANTI BOROS

TIPS AMPUH MAHASISWA ANTI BOROS



Jurnis.id- Sebagai seorang mahasiswa, boros dalam keuangan adalah hal yang banyak terjadi. sudah tidak heran lagi kalau banyak mahasiswa terutama mahasiswa rantau mengeluhkan uang saku tiba masuk akhir bulan. 

solusi dari permasalahan boros ini bisa kita atasi dengan memulai hidup hemat. bagaimana caranya? 

berikut 5 tips menjadi mahasiswa anti boros:

1. Menjauhi gaya hidup boros
dengan menjauhi kegiatan yang menghabiskan uang untuk hal yang tidak bermanfaat untuk kegiatan perkuliahan, kita akan menjadi lebih hemat. lebih tepatnya, kita harus bisa menentukan antara kebutuhan dengan keinginan.

2. Buat laporan pemasukan dan pengeluaran uang saku
Hal ini sangat penting bukan hanya bermanfaat saat kita menjadi mahasiswa tetapi akan terus berguna untuk kehidupan selanjutnya. dari catatan ini kita bisa lihat dan bisa control atas pemasukan dan pengeluaran uang saku

3. Membawa bekal
tips agar hidup menjadi hemat juga bisa dilakukan dengan cara ini, dengan membawa bekal kita akan mengurangi pengeluaran uang jajan yang kemudian bisa ditabung.

4. Manfaatkan fasilitas kampus
seringkali dalam menjalani perkuliahan kita diharuskan membeli buku yang akan digunakan sebagai refrensi bahan ajar, nah untuk menghemat keuangan kita bisa manfaatkan fasilitas kampus. misalnya, dengan meminjam buku ke perpustakaan tanpa harus membelinya.

5. Pilih opsi transport yang efisien
Jika menggunakan transportasi umum dapat membuat hidup lebih hemat, maka tidak ada salahnya jika kita manfaatkan. selain menghemat uang bensin, kita dapat mengurangi kemacetan karena menggunakan transportasi umum.

seperti itulah beberapa tips untuk jadi mahasiswa anti boros. jadi, kawan jurnis sebagai mahasiswa biasanya menggunakan tips yang mana nih untuk tetap hemat?

Penulis: Oktavia
Redpel : Gizemli

Komentar

Postingan Populer