SAN Chapter Tangerang Berikan Dorongan Pada Anak Termajinalkan

SAN Chapter Tangerang Berikan Dorongan Pada Anak Termajinalkan


Jurnis.id- SAN (Senyum Anak Nusantara) Chapter Tangerang merupakan kegiatan yang mengadakan belajar mengajar kepada anak-anak dengan fokus meningkatkan pendidikan karakter mereka sesuai dengan profil Pancasila dan kurikulum merdeka belajar.

SAN sebelumnya telah melaksanakan pelatihan pertama di bulan Agustus, kegiatan tersebut diadakan dua kali dalam sebulan dan dilaksanakannya pelatihan kedua pada 15 Oktober 2023. 

SAN Tangerang menargetkan kepada balita, siswa-siswi kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan 30 anak—anak termarjinalkan di berbagai wilayah Tangerang. Acara ini juga mempersilahkan peserta yang datang dari berbagai kalangan dari anak sekolah, mahasiswa hingga tenaga pengajar. 

Fidzi, Selaku pihak acara menyampaikan tujuan dari acara ini guna memberikan inspirasi 
dan menumbuhkan jiwa sosial untuk anak-anak yang tersisihkan.

“Tujuan Sekolah Nusantara adalah dapat menginspirasi, memotivasi dan mengedukasi anak- anak untuk bekal kehidupannya kelak. Sasaran kegiatan ini diserahkan ke chapter, dapat berupa anak-anak yang berlokasi di desa terpencil, anak-anak marginal, anak-anak putus sekolah, anak-anak sekitar pasar, anak-anak sekolah,” Ucap Fidzi

Fidzi juga menambahkan, di pelatihan kedua tersebut anak-anak diberikan materi mengenai literasi sains agar mereka mengetahui hal-hal dalam kehidupan seharinya. 

“Di pertemuan terakhir, kami membawakan materi literasi sains, mereka melakukan eksperimen pelangi dan eksperimen berupa rangkaian listrik. anak-anak sangat antusias segala eksperimen tersebut merupakan eksperimen sederhana yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah dalam mencerna dan memahaminya,” tuturnya.

Fidzi berharap kedepaanya jiwa-jiwa sosial pada remaja bisa terbangun untuk membantu dan berbagi edukasi khususnya untuk anak-anak terpinggirkan. 

“Khususnya remaja yang memiliki antusias jiwa sosial tinggi untuk berbagi dan juga edukasi kepada anak-anak khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan perhatian lebih. Dan adanya Sekolah Nusantara ini diharapkan kita bisa mengambil hikmah dan banyak yang mendukung kegiatan-kegiatan sosial seperti Sekolah Nusantara ini,” Tutup Fidzi.

Penulis : Iben, Nabila
Redpel : Gizemli

Komentar

Postingan Populer