BMC Gelar Pelatihan Penulisan Berita Di Minggu Terakhir Bulan Ramadhan

BMC Gelar Pelatihan Penulisan Berita Di Minggu Terakhir Bulan Ramadhan



Jurnis.id - Balai Media Center (BMC) kembali menggelar pelatihan di minggu ketiga nya yang mengusung materi mengenai "Penulisan Berita Jurnalis" di Aula Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang pada Minggu, 16 April 2023.

Dalam pertemuan terakhir ini sama seperti pertemuan minggu sebelumnya dalam hal mengenai persiapan. Yang membedakan hanya materi dan pendalaman nya saja. 

Muhammad Ikbal, pembawa materi penulisan berita naskah online dan cetak mengatakan bahwa dalam pelatihan penulisan berita ini mempelajari bagaimana cara mencari, mengolah serta mengemas berita agar mempunyai nilai. 

"Bedanya kalau untuk materi foto mungkin lebih ke visual, materi video lebih ke audio visual. Nah kalau naskah online ini lebih ke penulisan. Kalau untuk foto itu pasti ada credit title ataupun caption, dan itu bisa diangkat dari naskah online juga serta cara-cara penulisan berita nya seperti apa juga cara mengemas berita nya seperti apa," ujar Muhammad Ikbal

Muhammad Ikbal juga mengungkapkan harapannya kepada calon-calon wartawan yang ingin terjun ke dalam profesi jurnalistik harus bisa menghibahkan diri kepada masyarakat. 

"Sekali lagi saya tekankan kepada wartawan ketika ingin terjun dalam dunia jurnalistik, all it. Harus bisa menghibahkan diri kepada masyarakat, tidak boleh corong kepada pemerintah, harus betul-betul survive. Wartawan itu harus benar-benar memberikan informasi yang akurat, kredibel dan faktual. Jadi, tidak boleh menggiring opini ataupun membuat pemberitaan ini menjadi masalah. Sedangkan pemberitaan yang bagus atau berita yang baik itu adalah berita yang memiliki dampak bagi masyarakat," Pesannya.

•••••
Penulis : Suci
Redpel : Feari

Komentar

Postingan Populer