Anjuran Mengkonsumsi Buah Kurma Saat Berbuka, Salah Satu Sunnah Rasulullah yang Sering Diabaikan

Anjuran Mengkonsumsi Buah Kurma Saat Berbuka, Salah Satu Sunnah Rasulullah yang Sering Diabaikan

Jurnis.id— Kurma menjadi salah satu buah khas yang sering kita jumpai khususnya pada saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Buah yang kebanyakan tumbuh di daerah Arab ini, menjadi salah satu yang paling dicari oleh banyak orang. Karena keistimewaannya serta berbagai manfaatnya bagi tubuh. 

Rasulullah SAW sendiri kerap mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang ganjil. Saat berbuka puasa atau saat hendak melaksanakan shalat idul Fitri, Rasulullah memakan tiga butir kurma. Hal tersebut kemudian menjadi hal yang disunnahkan dalam mengkonsumsi buah kurma. Rasulullah SAW juga mengajurkan untuk memakan buah kurma dalam jumlah ganjil lainnya, seperti lima butir, tujuh butir, atau sembilan butir kurma.

Anjuran untuk memakan buah kurma ternyata memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Seperti yang dikutip dari pernyataan Musthafa Mohamed Essa, Ph.D sebagaimana dilansir dari laman CNBC Indonesia mengatakan "buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic, dan asam caffein. Keberadaan senyawa ini dapat membantu pengobatan penyakit alzheimer," tuturnya.

Buah kurma mengandung banyak vitamin dan mineral, diantaranya adalah vitamin A dan B, dan zat besi. Kurma juga mengandung kalium, potasium, magnesium dan kalsium. Namun, kelebihan dari buah satu ini masih awam diketahui oleh masyarakat luas. 

Pada saat berbuka, Nabi Shalallahu alaihi wasallam memilih mendahulukan kurma dan air daripada jenis makanan yang lain. Hal tersebut karena yang paling diperlukan oleh orang yang ingin berbuka puasa adalah jenis-jenis makanan yang mengandung gula. Menurut dokter Ahmad Abdurrauf Hasyim, yang kami kutip dalam laman Almanhaj.id 
"Urutan terbaik makanan bagi orang yang berbuka puasa adalah ruthab (kurma basah), tamr (kurma kering), kemudian air, kalau itu pun tidak ada, maka boleh menggunakan sirup atau air jus buah yang mengandung unsur gula yang cukup," ujarnya.

Kurma dapat membantu memulihkan energi ketika seharian berpuasa. Hal ini terjadi ketika insulin dalam tubuh cukup rendah saat berpuasa, kurma membantu memulihkan insulin karena mengandung gula. Mengkonsumsi kurma adalah salah satu Sunnah yang Rasulullah anjurkan kepada kita, karena manfaat yang diberikan dari mengkonsumsi buah kurma begitu banyak.

•••••••
Penulis : Lidya
Redpel : Feari

Komentar

Postingan Populer