Mahasiswa KKK UNIS Desa Cikuya Dorong Kesadaran Masyarakat Lewat Program Stunting dan Polio


Jurnis.id - Dalam upaya mengurangi angka stunting dan meningkatkan kesehatan anak-anak, mahasiswa Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Desa Cikuya melaksanakan program kerja stunting yang juga berkolaborasi dengan program PIN Polio sebagai program tambahan.

"Tujuan utama dari program kerja ini yaitu untuk menurunkan angka stunting yang masih menjadi masalah serius di Indonesia, termasuk di Desa Cikuya, di mana terdapat 4 anak yang terdiagnosis stunting. Selain itu, tujuan dari PIN Polio sendiri untuk mencegah wabah polio yang kembali muncul di beberapa daerah Indonesia," ungkap Venna, selaku ketua sektor zero stunting.

Program PIN Polio ini berlangsung dari tanggal 12 Agustus hingga 20 Agustus 2024 dan melibatkan mahasiswa KKK, tim puskesmas, serta mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Fakultas Kebidanan.

Selama pelaksanaan program, kegiatan dimulai dengan briefing setiap jam 8 pagi. Dan dilanjutkan dengan membagi tugas di setiap desa dan posyandu. Hal ini bertujuan agar pemberian vaksin dan vitamin A dapat dilakukan secara merata dan mencapai target yang ditetapkan.

"Harapannya, kami mahasiswa dapat memberikan ide, inspirasi dan edukasi kepada warga desa. Walaupun ilmu yang diberikan sedikit, saya dan teman-teman yang lain berharap warga dapat menerapkannya untuk ke depannya," tutup Venna.

••••
Penulis: Nabela
Redpel: Feari

Komentar

Postingan Populer