WNI di Israel Aman, Tidak Terdampak Serangan Iran

 


Jurnis.id - Dikutip dari lama Kompas.id, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengumumkan bahwa warga negara Indonesia (WNI) di Israel aman dan tidak terdampak oleh serangan balasan Iran ke Israel. Berdasarkan informasi yang diterima, Kemlu RI telah memantau situasi eskalasi pascaserangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, termasuk situasi dan kondisi WNI di kawasan.

Menurut Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha, pada Senin (15/4/2024), tidak ada informasi WNI yang terdampak oleh serangan balasan Iran ke Israel. Dia mengatakan bahwa 115 orang WNI di Israel mayoritas menetap di Yerusalem dan Tel Aviv, dan tidak ada laporan yang menunjukkan mereka terdampak oleh serangan.

Kemlu RI juga mengimbau WNI di Israel dan Iran untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan yang tidak penting ke Israel dan Iran. Pada 13 April 2024, Kemlu telah menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan yang tidak esensial ke Israel maupun ke Iran dan jika terjadi situasi kedaruratan agar segera menghubungi hotline perwakilan RI yang terdekat.

Serangan balasan Iran ke Israel terjadi pada Sabtu (13/4) dan diklaim sebagai balasan atas serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024. Meskipun situasi masih rawan, Kemlu RI terus memantau situasi dan memberikan nasihat kepada WNI di kawasan untuk tetap waspada dan siap menghadapi situasi yang mungkin terjadi.


•••

Penulis : Arifin

Redpel : Feari

Sumber : kompas.id & voaindonesia.com

Foto: suarasuraabaya.net

Komentar

Postingan Populer