Pameran Fotografi Angkatan X UKM Imafo, Menampilkan Kreativitas Mahasiswa Berbakat


Jurnis.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Imafo Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang berhasil menggelar pameran fotografi angkatan X pada hari Rabu- kamis, 2-3 Oktober 2024. Acara ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB di Gedung Aula Lama. Pameran tersebut menampilkan hasil karya fotografi dari anggota angkatan X, dengan Hanafi Mustofa sebagai ketua pelaksana acara.

Dalam keterangannya, Hanafi menjelaskan bahwa tujuan utama pameran ini adalah untuk menampilkan karya-karya fotografi yang telah mereka hasilkan selama tiga bulan. "Pameran ini diadakan setiap tahun sekali, setiap angkatannya. Tujuannya adalah menampilkan hasil karya yang kami ambil selama proses hunting foto selama tiga bulan terakhir," jelas Hanafi.

Hanafi juga menambahkan bahwa persiapan acara ini tidak lepas dari tantangan, terutama dalam hal memilih tema pameran. "Kami sempat tiga kali mengganti tema, dan akhirnya diputuskan tema *Visualisasi Banalitas*," ungkapnya. Menurutnya, salah satu tantangan besar adalah memastikan bahwa semua foto yang dipamerkan benar-benar sesuai, mengingat beberapa anggota masih kurang memahami mengenai teknik penggunaan kamera.

Tema "Visualisasi Banalitas" dipilih karena memiliki pesan yang mendalam tentang kehidupan sehari-hari. "Kami ingin menunjukkan bahwa kehidupan yang sering kita anggap rutin atau biasa saja sebenarnya memiliki makna tersembunyi jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda," tambah Hanafi.

Pameran kali ini berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya, di mana konsepnya lebih fokus pada *foto story*. "Satu tema bisa terdiri dari beberapa foto yang bercerita. Ini berbeda dengan sebelumnya yang biasanya satu foto menyampaikan satu cerita," jelas Hanafi.

Anggota UKM Imafo juga berperan besar dalam menyukseskan pameran ini. Dari awal, mereka terlibat dalam PDL sebagai langkah awal perencanaan, termasuk dalam mematangkan konsep, layout, dan pengambilan foto. "Setelah PDL, kami rutin mengadakan rapat untuk mematangkan konsepnya," tambahnya.

Pira, seorang pengunjung yang hadir di pameran ini memberikan pendapatnya mengenai acara tersebut. "Lumayan bagus untuk pameran yang masih awal-awal. Saya menikmati setiap foto yang mereka ambil, meskipun saat saya datang, suasananya cukup sepi, mungkin karena kurang promosi," ujar pengunjung tersebut. Ia juga menambahkan bahwa meskipun ada banyak makna dalam foto-foto yang dipamerkan, materi yang disampaikan oleh pemateri kurang memancing antusiasmenya. "Untuk pengisi materi mungkin sedikit kurang menarik, tapi secara keseluruhan acaranya bagus, tempatnya juga rapi," katanya.

Kedepannya, UKM Imafo berencana untuk terus mengadakan pameran serupa bagi angkatan berikutnya. "Kami berharap bisa menggelar pameran di luar kampus di masa mendatang, jika memungkinkan," ungkap Hanafi dengan optimis.



••••••
Penulis: Risfa dan Tata
Redpel: Feari

Komentar

Postingan Populer