Kelompok KKK Mauk Barat Akhiri Rangkaian Kegiatan dengan Donor Darah


Jurnis.id - Mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang gelar kegiatan donor darah sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) mereka. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Mauk ini mendapatkan antusiasme tinggi dari mahasiswa, staf petugas, serta masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam aksi sosial tersebut. (2/9)

Donor darah ini merupakan salah satu program unggulan dan sekaligus menjadi proker penutup dalam KKK mahasiswa UNIS tahun ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial setiap mahasiswa, menyelamatkan nyawa seseorang, dan menyediakan stok darah dan juga membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tangerang, yang menyediakan peralatan serta tenaga medis untuk memastikan proses donor darah berjalan lancar dan aman.

Adanya kegiatan donor darah ini adalah suatu bentuk kepedulian terhadap tanggung jawab sisoal dan juga kemanusiaan. Dan dilatar belakangi dengan kebutuhan stok darah yang ada di Rumah Sakit terutama untuk Rumah Sakit wilayah Kabupaten Tangerang. Sesuai dengan selogan yang Para Mahasisa UNIS buat “setetes darah kita itu berarti buat mereka”, yang mana diluar sana banyak sekali orang-orang yang sangat membutuhkan darah untuk bertahan hidup dan sembuh dari penyakitnya. 

Dengan adanya antusiasme dari Masyarakat Mauk yang sangat baik dapat menghasilkan 36 kantong darah, Mahasiswa yang ikut mendaftar untuk donor darah ada 12 namun yang berhasil mendonorkan darah nya cuma 5 orang, untuk keseluruhan jumlah orang yg mendaftarkan diri untuk ikut donor darah itu 55 orang, namun hanya 38 orang saja yang darah nya berhasil di ambil, ini sudah hampir mendikati targer karena dari PMI kabupaten tangerang sendiri menargetkan yang ikut mendaftarkan diri untuk donor darah itu 50-60an orang.

"Harapan saya dari kegiatan donor darah ini terutama untuk masyarakat kecamatan mauk diharapkan mampu meningkatkan kesadaran sosial masyarakat nya, dan membangun budaya donor darah yg berkelanjutan. Sedangkan untuk mahasiswa unis sendiri saya berharap dengan adanya kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan rasa empati mahasiswa kepada masyarakat, dan mendorong partisipasi mahasiswa untuk aktif dalam setiap kegiatan sosial," Ujar Muhamad Fadli selaku ketua kelompok 10 KKK di Desa Mauk Barat, Kecamatan Mauk.


•••••
Penulis: Bagas
Redpel: Feari

Komentar

Postingan Populer