Cuaca Panas Menghantui Masyarakat Kota Tangerang Sejak Pergantian Tahun

 Tangerang-Cuaca Panas semakin sering dirasakan oleh masyarakat Kota Tangerang bahkan sejak pergantian tahun 2023. 

Sejak dimulainya tahun 2023, masyarakat Kota Tangerang merasakan cuaca disiang hari yang sangat terik dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Terik matahari membuat masyarakat untuk memilih berdiam diri di rumah dari pada melakukan aktivitas di luar rumah.

BMKG memberikan penjelasan mengenai penyebab panas siang hari yang tak normal melalui akun resmi Instagram. “Jadi penyebabnya adalah berkurang tutupan awan, radiasi matahari yang optimum mencapai permukaan, terjadinya jeda hujan, dan terjadinya blocking monsun Asia,” jelasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, udara di Indonesia justru terasa panas ketika hujan berhenti. Tercatat, suhu udara siang hari terukur hingga 35 Derajat Celcius di beberapa tempat. Pada beberapa hari tertentu bahkan menempati peringkat teratas suhu maksimum tertinggi di Indonesia. Contohnya pada tanggal 12 Januari 2023 yang tercatat sebagai hari terpanas pekan ke-3 dengan suhu maksimum harian 35,4 Derajat Celcius.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan yang mengharuskan mereka untuk keluar dari rumah, agar supaya tetap berdiam diri didalam rumah demi menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi kemudian.


Penulis: Satria

Redpel: Lidya

Komentar

Postingan Populer