Kolaborasi Balamedia Center bersama Aliansi Jurnalistik Independen (AJI).




Jurnis.id - Balamedia Center berkolaborasi bersama Aliansi Jurnalistik Independent (AJI) menggelar pelatihan terkait keamanan digital jurnalistik. Yang dilaksanakan di Sekretariat Jurnalis Tangerang pada Sabtu, (04/02/23).  

Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB, dan dihadiri oleh para rekan-rekan jurnalistik dari berbagai media. Acara ini dibuka dengan penyampaian pemateri oleh Abdul Somad mengenai keamanan digital. Pengetahuan dan keterampilan mengenai keamanan digital penting dimiliki jurnalis agar dapat mengurangi risiko dan mampu menghadapi situasi saat serangan digital datang.  

Dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan beberapa situs website yang dapat dicoba untuk diakses, diantaranya adalah: 
 1. https://haveibeenpwned.com/
Merupakan situs yang memungkinkan pengguna internet untuk memeriksa apakah data pribadi mereka telah mengalami kebocoran data 
2. https://periksadata.com/ 
Situs periksa data 
3. https://www.passwordmonster.com/ 
Merupakan sebuah tools yang tersedia di internet untuk mengecek kekuatan sebuah password. 
4. https://www.keepassx.org/
Merupakan software opensource yang dibuat untuk kemudahan dalam menyimpan dan manajemen password secara aman.

Muhammad Iqbal yang juga merupakan salah satu oragan atau kumpulan wartawan yang menggelar pelatihan keamanan digital jurnalistik dari media Tempo, memberikan penjelasan diadakannya pelatihan ini.

“Acara ini diadakan oleh BalaMedia Center (BMC) yang merupakan tempat teman-teman wartawan kumpul, untuk menuangkan inspirasi, aspirasi kreativitas dan juga berkreasi. BMC juga terbuka untuk para presma," ucapnya. 

Menurutnya pekerjaan jurnalis ini rentan terhadap serangan digital, ketika menulis satu isu kritis untuk pemerintah dan swasta itu tidak menutup kemungkinan kita akan terkena serangan digital, maka dari itu tujuan dari mengadakan pelatihan ini untuk proteksi dini, fondasi dan pengetahuan bagaimana caranya akun digital kita semuanya aman.

Selain Iqbal, rekan-rekan jurnalis media lainnya pun turut serta bergabung dalam acara ini, diantaranya adalah rekan media Tempo, TVRI, Berita Hari Ini, Republika dan lainnya. 

Iqbal mengatakan jika pelatihan ini bukan pertama kalinya diadakan oleh BMC, "BMC sudah sering mengadakan pelatihan, rencana kedepannya pelatihan akan diadakan secara rutin. Rencananya BMC mengadakan kemping Jurnalis bagi mahasiswa dan teman-teman yang baru bergabung di jurnalis, bagaimana cara menulis, mengambil video, serta mengambil foto," Ujarnya. 

BMC juga bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), PMI Banten, Perwarta Foto Indonesia dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televesi Indonesia), ini semua merupakan wadah teman-teman media dari lintas organisasi. 

Iqbal berharap jurnalis muda ini bisa bersaing di era digital dan lebih protek menyampaikan informasi yang layak ke masyarakat dan akuntabel, dan harapan kita disini yaitu nyetak jurnalis-jurnalis muda yang memang berkualitas bisa benar-benar idealis dan menyuarakan masyarakat,” tuturnya.

Komentar

Postingan Populer